Apa Itu Buat Website?

pembuatan website

Banyak orang yang sering menanyakan mengenai bagaimana buat website secara rinci dan jelas, untuk itu pertama mari kita simak dulu apakah itu website. Website merupakan suatu tempat atau wadah digital tempat dimana orang atau perusahaan menyajikan suatu informasi. Pada dasarnya website itu terdapat pada sebuah server yang bisa diakses melalui internet, kapasitas website bermacam-macam sesuai dengan awal pembuatan dari website tersebut. Untuk bisa membuat website diperlukan sekali hosting, dan hosting inilah yang merupakan tempat penyimpanan data yang disajikan oleh website. Tempat hosting sendiri sebenarnya hampir sama konsepnya dengan harddisk, namun menggunakan komputer super canggih yang mana data pada server tersebut bisa diakses melalui internet dari mana saja dan kapan saja.

Mencari Cara Buat Website

Memang untuk membuat sebuah website dari nol atau pun dari awal sekali sangatlah sulit, karena perlu menggunakan bahasa pemrograman menggunakan aplikasi-aplikasi pemrograman yang dengan bahasa kode pemrograman yang sangat rumit. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mempelajarinya, karena pemrograman website merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan pada saat kuliah informatika. Akan tetapi lain cerita bila kita tidak membuatnya dari nol, maksudnya adalah sudah ada program yang lebih ramah untuk para awan yang memang disediakan oleh beberapa platform website untuk memudahkan dalam membuat website. Plugin dan program dalam layout dan postingan website sudah sangat beragam, sehingga memungkinkan para awam juga bisa buat website sendiri.

Untuk platform website sendiri sangat beragam dari mulai yang berbayar sampai yang gratis, sehingga banyak pilihan bagi orang awam yang berencana untuk membuat website sendiri. Meskipun mudah, namun ada beberapa hal yang perlu dipelajari sebelum membuat website sendiri. Beberapa platform website yang terkenal adalah WordPress, Drupal, Blogspot, dan beberapa yang lainnya. Untuk Drupal sebenarnya dikhususkan untuk para lulusan informatika, karena Drupal membuat website dari nol dan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk para awam sebaiknya menggunakan WordPress atau Blogspot, atau bisa juga menggunakan jasa pembuat website seperti koenzi.com.

Related posts: