Contoh Soal Psikotes Kerja Dan Pembahasannya

Psikotes merupakan salah satu tahapan tes yang harus dilewati dalam melamar kerja pada sebuah perusahaan atau pun badan usaha. Berbagai bentuk tes psikotes diuji pada setiap calon pelamar sebelum selanjutnya memasuki masa seleksi. Hasil psikotes ini biasanya dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengenai kepribadian dan juga karakter setiap individu bagi perusahaan. Hal ini dilakukan karena setiap perusahaan tentunya ingin memperoleh karyawan yang memiliki visi dan misi sesuai dengan visi dan misi perusahaannya. Oleh karena itu, contoh soal psikotes kerja seharusnya menjadi bahan latihan yang mendasar bagi Anda yang ingin melamar kerja.

Berikut Contoh Soal Psikotes Kerja Dan Pembahasannya Untuk Anda

Setiap perusahaan biasanya memiliki teknik atau pola tes psikotes yang bervariasi bagi calon pelamar kerja pada perusahaannya. Mengenali hal tersebut menjadi faktor penting yang harus dilakukan oleh setiap individu. Contoh soal psikotes kerja untuk bentuk tes sinonim adalah:

-Merdeka=…..

  1. luas
  2. bebas
  3. hiruk
  4. pesta

jawaban: (b) poin b menunjukkan berdiri sendiri atau dengan kata lain adalah Merdeka.

Sedangkan bentuk soal psikotes kerja numerik adalah:

– 4 3 8 6 16 12 …..

  1. 78
  2. 48
  3. 32
  4. 49

jawaban: c (pola dari deret angka tersebut merupakan dua kali lipat dengan bentuk selang-seling)

Soal psikotes numerik dan sinonim menjadi daftar psikotes yang akan dihadapi oleh setiap calon pelamar pekerjaan sehingga mempelajari setiap detail pola, kecenderungan, kondisi dan lain sebagainya menjadi sangat penting. Contoh soal psikotes kerja di atas mungkin menjadi acuan bagi Anda dalam memahami pola dan juga karakter dari soal psikotes yang disajikan oleh badan usaha. Selain berlatih dengan soal-soal tersebut, untuk menunjang keberhasilan psikotes yang Anda lakukan sebaiknya Anda mengimbanginya dengan beberapa hal seperti melatih otak untuk tetap tenang dan memiliki konsentrasi yang baik, memiliki waktu istirahat yang berkualitas, asupan makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dan melakukan olahraga untuk menyeimbangkan otak Anda.