Keunggulan Kanopi Baja Ringan Untuk Eksterior Rumah

Jika dahulu kanopi berfungsi untuk melindungi barang-barang berharga yang terletak di bagian depan rumah dari hujan dan paparan sinar matahari, maka fungsi tersebut kini tampaknya mulai bergeser. Kini, kanopi tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saja, kanopi juga berfungsi untuk mempercantik dan memperindah eksterior rumah. Agar fungsi kanopi sebagai bagian yang mempercantik rumah dapat tercapai, maka pemasangan kanopi baja ringan harus dilakukan secara cermat dan hati-hati.

Jenis-Jenis Kanopi Untuk Eksterior Rumah

Kanopi sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan jenis atap yang digunakan, kanopi dapat dibedakan menjadi:

  • Kanopi kaca
  • Kanopi genting
  • Kanopi spandek
  • Kanopi kain polyethelene
  • Kanopi Alderon (UPVC)

Selain dibedakan berdasarkan jenis bahan atap yang digunakan, kanopi juga dibedakan berdasarkan jenis kerangka yang digunakan. Berdasarkan jenis kerangkanya, kanopi dapat dibedakan menjadi:

Dari sekian banyak jenis kerangka kanopi yang ada di pasaran, kerangka kanopi dari baja ringan menjadi pilihan yang paling disukai oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena jenis kanopi yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Lalu, apa saja kelebihannya?

Berbagai Kelebihan Dan Keunggulan Kanopi Baja Ringan

  • Anti Karat

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh kanopi dari bahan baja ringan adalah tahan terhadap karat. Hal ini disebabkan karena penggunaan baja ringan dilapisi dengan Galvalum, yaitu cat anti karat yang dibuat dari karbon sebagai komponen utamanya.

  • Mudah Dipasang

Material baja memiliki berat yang cukup ringan, sehingga bisa memudahkan pada saat proses pemasangan. Selain itu, baja juga tidak membutuhkan proses perakitan dengan cara las seperti pada besi. Dengan begitu, maka proses pemasangan menjadi semakin ringan.

  • Bebas Dari Muai Dan Susut

Baja ringan memang sangat tahan terhadap perubahan cuaca. Selain memiliki kelebihan berupa tahan karat, baja ringan juga memiliki keistimewaan lain berupa sangat tahan terhadap muai dan susut meskipun cuaca berubah-ubah.

Selain ketiga kelebihan tersebut, kanopi baja ringan juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Salah satunya adalah bersifat non-combustible, yaitu tidak bersifat membesarkan api. Dengan sifat tersebut, maka baja ringan tidak akan membuat api semakin besar saat terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu kebakaran. Demikian aneka kelebihan yang dimiliki oleh kanopi dari bahan baja ringan.