Mengenal Beberapa Tipe Kubah Masjid

Pembuatan masjid sering kali membutuhkan dana yang banyak dan para ahli yang berkualitas. Salah satu bagian masjid yang membutuhkan detail khusus untuk pengerjaannya adalah kubah masjid. Pembuatan kubah sering membutuhkan waktu yang lama dan harus dibuat oleh pekerja yang telah profesional. Kini, Anda dapat memanfaatkan jasa kontraktor kubah yang telah teruji kredibilitasnya agar menghasilkan kubah  yang indah dan menawan.

Tipe Kubah Masjid yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Membangun sebuah masjid ibaratnya membangun istana untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Oleh karenanya sangat perlu bagi Anda untuk memperhatikan detail masjid yang dibangun agar hasil bangunan masjid tidaklah mengecewakan. Bagian dari masjid yang sangat mencolok dilihat dari luar adalah bagian kubahnya. Berikut adalah jenis dari kubah masjid yang wajib untuk Anda ketahui agar dapat memilih jenis kubah yang paling cocok:

  • Tipe kubah yang terbuat dari beton atau disebut GRC

Tipe kubah yang satu ini terbuat dari beton. Umumnya penggunaan tipe kubah ini dipilih karena kuat dan awet terutama terhadap perubahan cuaca. Akan tetapi tipe kubah ini memiliki kekurangan yaitu membutuhkan biaya yang cukup besar dalam proses pembuatannya serta membutuhkan tenaga yang ahli karena proses pengerjaannya yang rumit. Selain itu pembuatan kubah tipe ini juga membutuhkan fondasi yang kuat mengingat beban beton yang cukup besar.

  • Tipe kubah yang terbuat dari kerangka besi atau baja (enamel)

Selanjutnya tipe kubah yang bisanya disediakan oleh jasa kontraktor kubah adalah tipe yang terbuat dari kerangka besi atau enamel. Tipe ini yang umumnya lebih banyak digunakan oleh konsumen karena harganya yang cukup ekonomis dan mudah dalam pemasangan maupun pemeliharaannya. Motif yang ditawarkan juga sangat bervariasi hingga banyak perusahaan jasa kontraktor kubah yang memproduksinya. Sebaiknya pada saat pemasangan kubah tipe enamel perlu diberikan cat atau pelapis anti bocor untuk menghindari terjadinya kebocoran pada kubah saat musim hujan.

Demikianlah tipe dari kubah yang biasa digunakan pada masjid-masjid yang wajib untuk Anda ketahui. Untuk mendapatkan kubah yang berkualitas Anda dapat mengunjungi https://kubahmasjids.com. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.