Mengetahui Kelebihan Dan Kelemahan Bisnis Rumahan

Bicara soal bisnis pasti terbayang dalam pikiran kita ialah uang yang melimpah namun juga butuh usaha yang kuat. Selain itu juga pasti terbesit bahwa pelakunya ialah orang-orang hebat yang ber-uang dan sukses. Beberapa memang benar adanya begitu namun tidak semua seperti apa yang kita pikirkan. Di luar sana banyak sekali orang yang melakukan bisnis berupa bisnis rumahan yang hasilnya juga cukup menguntungkan dan menjadi penghasilan tambahan yang signifikan.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Rumahan?

Bisnis merupakan suatu bentuk usaha yang bisa dibilang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Gampang karena tidak memiliki batasan ruang dan waktu, namun susah untuk memulai dan menyeimbangi pesaing yang sudah ada. Terlebih dengan bisnis rumahan, tentu memiliki nilai plus dan minus. Pertama ialah kekurangan bisnis rumahan, antara lain.

  1. Tidak memiliki tempat yang strategis. Dimana bisnis atau usaha yang dilakukan hanya ditempatkan di rumah saja tidak mendirikan atau menempatkan pada tempat-tempat yang strategis.
  2. Ruang Lingkup pemasarannya sempit. Dengan letak yang kurang strategis ini maka menyebabkan pula pemasaran yang sempit sehingga pelanggan pun juga tidak sebanyak dengan outlet yang dibuka di tempat-tempat yang strategis. Umumnya bisnis rumahan pemasarannya hanya orang setempat atau kerabat.
  3. Variasi hasil produksinya tidak begitu banyak. Biasanya bisnis yang dijalani di rumahan akan lebih sedikit variasi yag dimiliki karena biasanya diproduksi dalam jumlah kecil sehingga kurang memungkinkan bila memproduksi varian yang banyak.

Bila kita sudah bicara soal kekurangan, maka kita juga perlu tahu keuntungan bila menekuni bisnis rumahan. Diantaranya ialah stabil atau konstan, yang dimaksud ialah penghasilan akan didapat secara terus menerus walaupun sedikit namun berlanjut. Yang kedua ialah mengurangi nilai kerugian, yaitu karena produksi rumahan yang terbatas maka bila tidak terpasarkan dengan baik rugi yang dialami tidak begitu besar. Yang ketiga ialah handmade atau buatan langsung sehingga mampu pula dengan sistem pre-order atau sejenisnya untuk memesan terlebih dahulu baru dapat menikmati hasilnya nanti. Ingin tahu lebih lengkapnya? Kunjungi siapbisnis.net.

Related posts: