Penyakit Jangka Panjang Akibat Begadang

Begadang tidak hanya membuat tubuh Anda kurang fit setelahnya, tetapi memiliki dampak atau resiko jangka panjang yakni berbagai penyakit. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang kedatangannya pada masa yang akan datang. Walaupun demikian Anda harus tetap waspada agar dapat menghindarinya.

Resiko Penyakit Akibat Begadang

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat terjadi ketika Anda terlalu sering begadang atau sering mengalami gangguan tidur.

  1. Hipertensi

Penyakit hipertensi terjadi karena tekanan darah seseorang terlalu tinggi. bahaya penyakit ini adalah, ia bisa menjadi sumber penyakit lainnya. penyakit jantung, resiko stroke dan sebagainya bisa dipicu karena tekanan darah tinggi. Orang yang susah tidur atau suka begadang akan lebih besar dan beresiko terkena hipertensi. Oleh sebab itu, menjaga pola tidur sangat perlu.

  1. Obesitas

Begadang dapat memicu timbulnya penyakit obesitas. Hal ini dikarenakan kadar hormon dalam tubuh mengalami penurunan. Saat begadang proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Proses metabolisme akan terjadi lebih lambat, sehingga resiko obesitas pun semakin tinggi.

  1. Penyakit Jantung

Serangan jantung tak hanya dipicu oleh penyakit hipertensi tetapi juga karena kebiasaan kurang baik. Sering terkena angin malam karena begadang dapat memicu munculnya penyakit ini. penyakit jantung ini disebut-sebut sebagai penyakit yang paling membunuh di Indonesia. Serangan jantung dapat terjadi sewaktu-waktu dan tak terduga. Menjaga kebiasaan tidur sangat penting ya.

  1. Diabetes

Selanjutnya adalah diabetes. Penyakit ini berhubungan dengan obesitas.  Saat begadang seseorang akan merasa lapar dan keinginan makan saat larut malam pun semakin besar. padahal makan di tengah malam tidaklah dianjurkan. Hal inilah yang dapat menyebabkan munculnya diabetes.

  1. Alzheimer Dini

Penyakit ini merupakan penyakit lupa atau menjadi pelupa. Jika Anda sering begadang maka dapat menyebabkan Anda menjadi seorang pelupa lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan gangguan psikis akibat sering begadang.

Itulah beberapa penyakit jangka panjang akibat sering begadang, oleh sebab itu menjaga pola tidur sangatlah penting agar Anda terhindar dari berbagai penyakit.