Perkembangan Janin di Tiap Bulan Trimester Pertama

Fase kehamilan trimester pertama adalah saat yang membahagiakan tetapi juga bisa menjadi hal yang sangat menyusahkan bagi para ibu hamil. Karena biasanya di tahap kehamilan ini, ibu hamil akan banyak mengalami hal seperti susah makan, mual muntah, dan badan menjadi mudah lelah. Tapi tahukah bunda bagaimana janin itu berkembang di dalam kandungan selama trimester pertama? Yuk kita simak penjelasan berikut.

Janin di Bulan Pertama

Fase kehamilan trimester pertama adalah setelah mengalami pembuahan, bakal janin pada bulan pertama dinamai zigot. Zigot ini lalu akan menuju rahim dan membentuk sebuah embrio disana. Nanti secara bersamaan juga janin mulai membentuk air ketuban untuk melindungi si embrio ini dan semakin lama embrio membesar, ketuban pun akan semakin ketat. Pada bulan inilah mengapa badan ibu hamil terasa selalu lelah dan sakit.

Bulan Kedua

Pada bulan kedua, janin sudah mulai terbentuk tulang dan jaringan system saraf juga sudah mulai tersusun. Dari saraf untuk otak, tulang belakang, dan lain lain. Jantung dan system peredaran darah juga sudah mulai terbentuk pada minggu kelima. Dan disini bentuk kepala juga sudah mulai terlihat, juga dengan bentuk kaki dan tangan si buah hati.

Bulan ketiga

Di bulan ketiga, semua organ yang dibutuhkan tubuh sudah mulai terbentuk dan semua organ sudah mulai menjalankan fungsinya masing masing. System peredaran darah juga sudah memulai menjalankan tugasnya untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Disini bunda biasanya sudah bisa mengetahui kelamin dari si jabang bayi dengan melakukan USG. Bunda juga bisa mengetahui keadaan janin apakah sehat besar dan kuat atau janin mengalami kelainan.

Demikianlah bunda fase kehamilan trimester pertama, mungkin pada fase ini memang badan yang bunda rasakan sangat tidak enak. Tetapi tetap bertahan ya bunda, konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin agar bunda dan janin senantiasa sehat. Konsultasikan kehamilan Anda setiap bulan ke dokter atau bidan kepercayaan Anda. Karena memantau perkembangan janin sangatlah penting sampai nanti proses kelahiran.