Tips Kesehatan Kucing Himalaya

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu, cukup pintar dan menggemaskan walaupun beberapa peliharaan lain seperti anjing lebih dari kelucuan kepintaran dan menggemaskan. Namun salah satu ras kucing ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu kucing Himalaya. Kucing Himalaya merupakan kucing yang memiliki bulu seperti kucing berbulu long hair kemudian identik dengan warna putih kusam dan warna gelap pada beberapa spot tertentu seperti ekor, telinga, kaki dan wajah.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Kucing Himalaya?

Kucing Himalaya merupakan salah satu ras kucing yang cukup menggemaskan. Kucing ini memiliki ciri khas berupa bulu putih kusam dan beberapa spot tubuhnya berwarna gelap. Selain itu kucing Himalaya mempunyai mata yang indah yaitu berwarna biru. Tak heran banyak orang ingin memelihara kucing jenis ini. Namun tidak hanya sekedar merawat, kita juga perlu memperhatikan perawatan kucing yang juga menyehatkan si kucing. Berikut adalah beberapa langkah menjaga kucing Anda agar tetap dalam kondisi sehat.

  1. Rutin Memandikan

Kucing memang bukan hewan yang begitu suka air namun dapat Anda latih dengan rutin memandikannya. Kucing dimandikan setidaknya 2 minggu sekali guna menghilangkan kotoran yang ada di tubuh serta menjaga bulu kucing tetap bagus dan sehat. Memandikan kucing juga disertai dengan pemotongan kuku, pembersihan telinga dan hidung. Bila perlu juga dilakukan pembersihan mulut.

  1. Rutin Membuang Kotoran Kucing

Kucing biasanya membuang kotoran 2 sampai 4 kali dalam sehari. Maka akan cepat penuh kotoran kucing di pasir bila tidak sering dibuang. Anda perlu membuangnya setiap hari atau bahkan setiap kali kucing Anda poop. Sehingga selain tidak memberikan aroma yang tidak sedap, juga kucing terhindar dari kotorannya dan badan tetap bersih.

  1. Rutin Membersihkan Tempat Tidurnya

Kucing walaupun tidak sakit atau terserang kutu dia akan mengalami pengguguran bulu dengan sendirinya. Biasanya bulu-bulu yang rontok ini banyak terdapat di tempat tidurnya. Sehingga Anda perlu mengecek dan membersihkannya.

3 hal tersebut setidaknya akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan si kucing. Tentunya bila si kucing sehat Anda juga senang melihatnya dan tidak banyak biaya yang Anda keluarkan untuk merawatnya, berbeda dengan sakit Anda harus mengeluarkan biaya untuk obat dan suntik agar sehat.