Tips Mencuci Kain Satin Agar Awet Tahan Lama

Satin merupakan jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filament sehingga membuat kain satin memiliki ciri khas di permukaannya yang mengkilap dan juga tekstur yang licin. Harga kain satin yang begitu terjangkau tetapi memiliki sentuhan elegan dan juga mewah dari kain ini maka tidak jarang yang ingin baju dengan bahan kain satin tersebut bisa tahan lama dan awet. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan beberapa perawatan baju, hal yang pertama adalah pencucian baju bahan satin yang akan sangat mempengaruhi kualitas bahan satin untuk ke depannya.

Beberapa Tips Mencuci Bahan Baju Dari Kain Satin Agar Awet Tahan Lama

Agar kain satin bisa lebih awet serta tahan lama maka cara mencuci kain satin juga perlu berhati-hati, berikut ini tips dalam mencuci kain satin:

  1. Mencuci kain satin dengan harga kain satin murah namun berkualitas maka dicuci dengan memisahkan baju berbahan satin dengan baju bahan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko baju sobek karena gesekan dari baju yang lainnya dengan bahan yang lebih kasar dibandingkan dengan bahan satin.
  2. Mencuci baju berbahan kain satin dengan menggunakan tangan dan jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci. Kemudian jangan merendam baju berbahan satin dalam waktu yang cukup lama yaitu jangan lebih dari 5 menit, karena proses perendaman yang lama akan merusak kain. Selain itu juga mengucek bahan kain satin menggunakan tangan dan jangan menggunakan alat penggilingan karena akan merusak kain satin.
  3. Apabila baju berbahan satin memiliki noda, maka sebaiknya membersihkan noda tersebut terlebih dulu menggunakan air hangat atau dengan cara menggosoknya dengan menggunakan spons yang basah dan dicuci menggunakan tangan seperti cara yang kedua.
  4. Mencuci baju berbahan satin maka perlu memilih detergen yang cair atau menggunakan detergen yang mengandung pelembut.
  5. Pada saat mencuci baju berbahan satin sebaiknya jangan menggunakan perhiasan seperti cincin dan usahakan tidak memiliki kuku yang panjang dengan tujuan menghindari permukaan bahan satin yang sangat mudah tersangkut dan nantinya bisa merusak baju.
  6. Sebelum dijemur sebaiknya baju bahan satin jangan diperas karena bisa menyebabkan baju kusut dan sulit dalam proses menyetrika.
  7. Terakhir adalah saat penjemuran baju berbahan satin sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung yang akan membuat warna menjadi mudah luntur. Harga kain satin yang begitu terjangkau tetapi memiliki keunggulan yang begitu banyak sehingga diperlukan perawatan atau pencucian baju yang benar agar baju berbahan kain satin bisa lebih tahan lama.