Tips Mengenali Tipe Menstruasi yang Sehat

Sudah sewajarnya wanita subur yang tidak mengalami kehamilan akan mendapatkan ‘jatah bulanan’ berupa menstruasi secara otomatis dari sirkulasi darah di dalam tubuhnya. Namun, ada banyak hal yang masih tidak diketahui oleh para remaja perempuan seperti apa sebenarnya menstruasi yang sehat. Ada yang berpendapat bahwa menstruasi yang sehat adalah  menstruasi yang terjadi pada tanggal yang sama, ataupun menstruasi yang sehat adalah menstruasi yang harus didampingi dengan meminum obat maupun jamu-jamuan tertentu. Sebenarnya, hal-hal yang salah di atas masih sering berada di pikiran perempuan walaupun kini telah banyak informasi seputar fakta menstruasi yang benar dan bisa ditemukan di Internet. Namun, sebenarnya bagaimana cara mengenali tanda seorang wanita mengalami menstruasi yang sehat? Akan dijelaskan jawabannya dalam tulisan ini.

Wanita yang mengalami menstruasi sehat bukan berarti harus mengalami menstruasi pada tanggal yang sama, namun yang perlu diperhatikan adalah jarak menstruasi pertama ke menstruasi berikutnya adalah jarak yang konstan. Misalkan seseorang mengalami menstruasi pada tanggal 5, dan mengalami menstruasi lagi bulan depan pada tanggal 2, maka jarak menstruasinya adalah 27 hari. Siklus 27 hari inilah yang perlu diperhatikan keteraturannya, sehingga tidak pasti seseorang selalu mengalami haid setiap tanggal 5. Selain siklus yang teratur, rasa sakit juga perlu diperhatikan. Haid yang sehat adalah haid yang tidak menimbulkan rasa sakit. Bila seseorang berpikir bahwa mengalami sakit menjelang haid adalah hal yang sudah biasa, maka ia perlu memeriksakan kandungannya melalui USG ke dokter kandungan. Terakhir adalah bau dari darah haid, salah satu yang menjadi indikasi sehatnya haid wanita adalah bau haid yang sewajarnya, sehingga bila suatu saat mengalami haid yang mengeluarkan bau busuk maupun bau yang tidak seperti biasanya, maka hal itu perlu untuk dikonsultasikan ke bidan atau dokter kandungan.

Penting bagi wanita untuk mengetahui kesehatan reproduksinya, salah satunya adalah dengan mengenali bagaimana tipe haid yang sehat. Mendeteksi dari dini sebuah penyakit akan lebih baik daripada mengobatinya saat sudah semakin parah.