Tips Menjaga Mesin Kendaraan Bermotor

 

Anda dapat melakukan perjalanan yang lebih efisien jika menggunakan motor. Saat ini anda juga dapat membawa motor untuk perjalanan jauh sekalipun seperti perjalanan antar provinsi. Karena memang motor merupakan kendaraan yang praktis untuk dibawa ke manapun. Harga motor juga lebih murah dari pada mobil. Mesin pada motor perlu dijaga kondisinya agar prima dan juga awet. Perawatan pada motor perlu dilakukan agar anda terhindar dari biaya perawatan motor yang lebih tinggi. Bagi anda yang ingin merawat motor anda agar awet, maka anda perlu untuk membaca artikel otomotif berikut ini sampai dengan selesai.

Dunia Otomotif

Biasanya diberikan perawatan otomotif gratis dealer pada motor yang baru dibeli pertama kali. Motor baru biasanya akan diberi gratis oli dan servis untuk tiga kali jalan. Diberikan gratis oli yaitu pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Pemberian bonus tersebut dimaksudkan agar kondisi motor dapat dicek mengenai kemungkinan adanya kesalahan. Lebih baik lagi jika anda mengganti oli motor anda secepat mungkin, hal tersebut karena dengan demikian oli akan lebih cepat bercampur dengan serpihan logam. Hal tersebut karena adanya gesekan di komponen mesin. Kemudian jika motor belum menempuh 500 KM pertama, maka usahakan anda jangan memberi beban yang terlalu besar.

Standar kekentalan oli yang digunakan oleh kendaraan adalah SAE. Pada oli yang banyak dijumpai di pasaran rata-rata telah memenuhi standar iklim di Indonesia. Jadi, Hal yang harus diperhatikan dalam mengganti oli adalah menggunakan waktu yang tepat. Anda harus dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Karena jika anda sampai terlambat mengganti oli maka akan menjadi kelewat encer atau dapat menjadi lebih parah yaitu oli yang semakin berkurang. Namun jika anda terlalu cepat mengganti oli maka hal tersebut merupakan sebuah pemborosan sementara itu jika anda terlalu lama mengganti oli maka akan membuat kondisi motor menjadi buruk. Jadi, dalam jika anda mempunyai motor, maka anda harus memeliharanya dengan baik. Demikian informasi mengenai otomotif, semoga bermanfaat.